Kelebihan dan Kekurangan Kain Ceruti


Kelebihan dan Kekurangan Kain Ceruti



Kain Ceruti adalah sejenis kain yang mempunyai ciri khusus layaknya Sifon dengan tekstur yang mirip dengan kulit jeruk. Jenis kain ini memiliki berbagai keunggulan di dalamnya sehingga cocok untuk berbagai jenis pakaian. Kain Ceruti pada dasarnya merupakan bentuk turunan dari kain sifon. Sekalipun jenis kain ini mempunyai permukaan yang sangat mirip dengan kulit jeruk dari segi teksturnya, namun ia tetap memberikan kesan halus saat diraba. Dan jika dibandingkan dengan jenis kain sifon, maka kain Ceruti ini lebih halus saat diraba.


Kelebihan Kain Ceruti

1. Memiliki Tampilan Kain yang Elegan

Kain ceruti terkenal sebagai salah satu bahan yang mampu memberikan tampilan sangat elegan. Salah satu faktor yang menyebabkan jenis kain ini tampak elegan adalah karena tampilan yang terdapat di dalamnya cenderung jatuh. Jenis kain ini juga cocok untuk berbagai event dan kegiatan.

2. Bahan Kain Semi Premium dan Terjangkau

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh jenis kain Ceruti adalah bahannya yang semi premium. Kain jenis ini memang memiliki beberapa jenis, misalnya jenis Georgette hingga jenis Diamond. Ini adalah jenis kain semi premium yang terbilang cantik dan terjangkau. Sekalipun memiliki bahan yang klasik serta elegan, jenis kain ini tidak terlalu mahal.

3. Mudah Dicuci dan Tidak Mudah Melar

Kain Ceruti juga memiliki sisi kelebihan yang lain, yaitu bahannya yang tidak mudah melar. Hal ini disebabkan kaena sifat dari kain yang tergolong kaku namun tetap lembut. Selain itu, jenis kain Ceruti ini sangat mudah dicuci dan tidak mudah berubah warna atau luntur. Bahkan, cara perawatannya juga sangat mudah, cukup dengan mencuci menggunakan tangan saja.

4. Bahan Kuat Meskipun Tipis

Kain Ceruti termasuk jenis kain yang tipis dan bisa melayang saat kain ini dipakai. Namun, ia tetap kuat dan tidak mudah sobek. Bahan yang digunakan adalah sejenis bahan yang tidak mudah rusak ataupun sobek sehingga ia tidak mudah rusak saat dipakai. Meskipun pemakaiannya sering.

5. Tidak Terasa Panas Saat Dikenakan

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh kain Ceruti ini adalah ia tidak terasa panas saat dipakai. Memang ada beberapa jenis kain mirip Ceruti yang cenderung panas dan menimbulkan keringat saat dipakai. Berbeda dengan kain Ceruti ini. Hal itu disebabkan karena jenis kain ini memiliki sifat yang sangat ringan dan tidak lembab.

Kekurangan Kain Ceruti

Di samping memiliki berbagai kelebihan di dalamnya, kain Ceruti ternyata juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh tipe kain ini.

1. Mudah Terbawa Angin

Kekurangan dari kain Ceruti yang pertama adalah ia sangat mudah terbawa angin. Teksturnya yang sangat lembut dan tipis menjadikan jenis kain ini kurang kuat untuk menahan hembusan angin. Jika sudah mudah terkena angin, maka selanjutnya tentu mudah sobek jika tersangkut ke objek tertentu.

2. Saat Disetrika Mudah Mengkerut

Selain itu, jika jenis kain Ceruti ini disetrika, maka akan sangat mudah mengalami kerutan. Hal itu juga disebabkan karena kondisi kain Ceruti yang sangat tipis. Dengan kondisi tersebut, kemampuannya untuk menahan panas tentu saja menjadi berkurang dan akhirnya mudah terbakar saat disetrika.

3. Memerlukan Tambahan Kain untuk Pembuatan Baju

Jika Anda menggunakan jenis kain Ceruti ini untuk membuat baju, tok atau gamis tertentu, maka membutuhkan tambahan kain dalam atau biasa disebut dengan puring. Strukturnya yang terawang akan membuat anggota tubuh terlihat. Oleh karena itu, dibutuhkanlah puring atau inner untuk mempercantik tampilan produk.

4. Harganya Cenderung Mahal

Selain beberapa kekurangan di atas, ada lagi kekurangan yaitu harga dari kain Ceruti yang cenderung mahal. Jika dibandingkan dengan beberapa jenis kain yang lain, kain Ceruti ini memiliki harga yang kadang lebih tinggi.

5. Perawatan Agak Sulit

Perawatan untuk jenis kain Ceruti juga cenderung tidak mudah. Sebisa mungkin usahakan untuk tidak mencuci jenis kain ini memakai mesin cuci. Di antaranya adalah dengan menggunakan tangan. Proses menyetrika juga harus dilakukan dengan penuh hati-hati supaya tidak mudah terbakar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelebihan Pashmina yang Perlu Hijabers Ketahui

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Wanita Berhijab Merias Wajah

Cara Pakai Hijab Motif untuk Penampilan Lebih Kekinian